>

Kembali membahas komunikasi, walaupun penulis bukan lulusan psikologi atau yang berhubungan dengan komunikasi namun kesehariannya penulis ada seorang konsultan pendidikan di sebuah perusahaan swasta di jakarta. Dan sering bertemu dengan orang yang tentunya berbeda -beda watak dan sikapnya. Ini sedikit ulasan lanjutan dari artikel saya yang berhubungan dengan komunikasi.

Karakter dan gaya komunikasi orang berbeda satu dengan lainnya, sekarang kita akan membedah gaya dan karakter komunikasi orang berdasarkan psikologisnya. Disini saya mengelompokkan karakter orang menjadi 5 karakter yakni :

  1. Karakter Orang Terbuka
  2. Karakter Orang Tertutup
  3. Karakter Orang Intuitif
  4. Karakter Orang Perasa
  5. Karakter Orang Penilai

Kita bahas satu per satu, yang pertama Orang terbuka. Orang berkarakter seperti ini lebih banyak bicara dari pada kerja. Banyak orang bilang NATO ( no action Talk Only ). Dan biasanya orang seperti ini lebih cenderung berbicara langsung dan hampir tidak pernah menggunakan berntuk tulisan sebagai alat komunikasi kecuali jika terpaksa. Dan yang paling sering kita temui adalah karakter seperti ini pasti lebih cepat dalam menjawab pertanyaan dan berkomentar atau sejenisnya.

Bersambung…